Tokopedia Kebocoran Data

Tokopedia Jelaskan Kebocoran Data ke Kominfo

Warga Indonesia, khususnya pengguna platform belanja online, tengah dihebohkan dengan kasus peretasan database perusahaan e-commerce TOKOPEDIA ada jutaan data bocor di internet bahkan dijual oleh si hacker.




Kapan terjadinya insiden tersebut ?

     Data milik pengguna TOKOPEDIA telah bocor karena digarong oleh peretas dan kini diumbar di internet, demikian dilaporkan oleh perusahaan keamanan siber Israel, Under The Breach, Sabtu (2/5/2020). Menurut apa yang saya baca disebutkan pula bahwa pembobolan data itu terjadi para Maret 2020. Peretas mengklaim bahwa ia sebenarnya banyak memiliki data pemilik akun Tokopedia.

Apa penyebabnya kasus tersebut ?

      Kasus pencurian data ini pertama kali dibeberkan oleh akun @underthebreach di Twitter. Dalam laporan itu, ia menyebut hacker berhasil mencuri alamat email, password hash, dan nama pengguna. Password hash adalah sebuah enkripsi password yang menyamarkan password asli pengguna.
Akun @underthebreach sendiri merupakan sumber pertama yang melaporkan hack dan kebocoran data pengguna Tokopedia. Dalam profil akun Twitter mereka, Under the Breach mengklaim bahwa mereka adalah penyedia layanan pemantauan dan pencegahan kebocoran data dari Israel.Tokopedia sendiri telah mengonfirmasi adanya pencurian data penggunanya. Supaya tidak bingung dengan kasus ini, kumparan telah merangkum fakta-fakta tentang serangan siber yang menyerang Tokopedia ini Menurut saya pribadi kasus ini terjadi di karenakan kurangnya orang-orang SYSADMIN tokopedia sehingga keamanan sistem nya pun bisa di tembus oleh orang lain.

 Apa resiko yang kemungkinan dapat ditimbulkan dari kasus tersebut ?

      Resiko yang kemungkinan bisa terjadi orang-orang takut berbelanja di tokopedia, sii heacker pun bisa mengambil barang atau belanjaan yang kita beli dari tokopedia itu sendiri.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 TAHAPAN HACKING

MENCARI TARGET WEBSITE

Model subnet Classless,CIDR,VLSM